Jet Tempur Sukhoi dan F-16 Jet Tempur Sukhoi dan F-16 ~ RamdhaniBlog

Senin, 16 Januari 2012

Jet Tempur Sukhoi dan F-16


Jakarta - Indonesia butuh pertahanan udara yang modern. Karena itu, TNI AU membeli pesawat tempur baru agar mampu menjaga kedaulatan NKRI. Dua jet tempur Sukhoi Su-30 MK2 dari Rusia akan tiba tahun ini untuk melengkapi kekuatan alutsista TNI AU. Kedua jet tempur tersebut merupakan bagian dari pembelian enam unit pesawat yang sudah ditandatangani kontrak secara resmi antara Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan produsen pesawat Rusia, JSC Rosoboronexport senilai 470 juta US dolar.


Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Imam Sufaat mengatakan, penambahan dua unit Sukhoi itu dilakukan secara bertahap mulai tahun ini sampai pada 2014. "Pada tahun 2012, tahun 2013, dan tahun 2014, masing-masing didatangkan dua pesawat," katanya di kantor Kemenhan, Senin (16/1).

Saat ini, TNI AU memiliki 10 unit jet tempur Sukhoi, yang terdiri enam Sukhoi jenis Su-27 SKM dan empat Sukhoi jenis Su-30 MK2. Rencananya, TNI AU menempatkan satu skuadron Sukhoi tersebut di Pangkalan Udara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memaparkan, penambahan Sukhoi itu merupakan bagian dari rencana untuk bisa membangun kekuatan TNI AU yang disegani negara lain. Dia menyatakan bahwa penambahan alutsista jet tempur tersebut tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan produksi luar negeri. Melainkan juga mempercayakan industri dalam negeri.

Salah satunya adalah kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia (DI) dalam pembuatan helikopter jenis Bell 412 dan Puma untuk TNI AD dan TNI AU. Selain itu PT DI juga mengupayakan pembuatan sembilan unit pesawat CN 295 dengan produsen pesawat Airbus Millitary yang berbasis di Spanyol. "Ini semua sedang digarap PT DI," tandasnya.


"Kita akan beli 6 pesawat jet tempur Sukhoi, dengan demikian kita bisa bentuk 1 skuadron jet tempur Sukhoi untuk amankan wilayah udara kita," kata KSAU Marsekal TNI Imam Sufaat saat jumpa pers di Gedung Kemenhan, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (16/1/2012).

Selain Sukhoi, TNI AU, juga akan melakukan modernisasi alutsista besar-besaran pada tahun 2012. Pesawat F-16 Falcon dan helikopter Cougar 735 masuk dalam rancangan belanja alutsista TNI AU, tahun ini.

"Selain itu akan ada pembelian persenjataan anti pesawat udara, dan akan ada 4 unit pesawat Hercules dari Australia," ujarnya.

Khusus untuk Sukhoi, ia berharap agar 6 jet tempur asal Rusia tersebut dapat datang ke Indonesia paling lambat 2014 nanti. Ia juga sudah memikirkan terkait perawatan jet tempur itu.

"Setiap tahunnya akan datang 2 Sukhoi ke Indonesia," papar Imam.

Namun Imam enggan membeberkan berapa dana belanja alutsista Angkatan Udara tersebut. Menurutnya, hal tersebut masih dirumuskan.

0 komentar:

Posting Komentar