Kapal Selam Perkuat Perairan Indonesia Kapal Selam Perkuat Perairan Indonesia ~ RamdhaniBlog

Selasa, 17 Januari 2012

Kapal Selam Perkuat Perairan Indonesia

 Jakarta - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno mengungkapkan, tiga unit Kapal selam akan melengkapi dan memperkuat armada laut Indonesia, dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Sudah ada tiga kapal selam tambahan untuk armada laut Indonesia," ujarnya kepada wartawan, dalam jumpa pers mendampingi Menteri Pertahanan, menjelang Rapat Pimpinan di Gedung Kementrian

Pertahanan, Jakarta, Senin (16/1).

Dijelaskannya, kapal selam buatan Korea Selatan tersebut dibeli dengan harga kontrak yang ditetapkan sebesar Rp 1,08 miliar. Namun, ia tidak bersedia merinci jenis maupun sefesifiaksi kapal selam tersebut.

Soeparno mengatakan, alat utama sistem pertahanan (alutsista) berupa kapal selam itu merupakan rahasia negara, sehingga tidak seharusnya diungkap panjang-lebar. "Kapal selam itu kan rahasia. Tidak boleh diungkap secara terperinci di publik," ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Sekjen Kemhan, Marsdya TNI Eris Herryanto, menjelaskan, proyek pembelian tiga kapal selam tersebut juga dalam rangka pembekalan Sumber Daya Manusia kepada mekanik dalam  merawat kapal selam.

Pembekalan tersebut, yaitu dengan mengirim orang pada kapal selam pertama untuk ikut dalam pembangunan kapal selamnya. Yang kedua diharapkan sudah involve dan kapal ketiga diharapkan pekerjaannya dilaksanakan di indonesia. "Kami sebagai pekerja dan disupervisi langsung oleh orang Korea," jelasnya.

2 komentar: